Friday, March 16, 2012

Aquarium or Aerrium

Aqua dalam bahasa latin berarti air. namun seperti yang terlihat tidak ada airnya dalam aquarium tersebut. Hanya ada udara sedangkan udara dalam bahasa latin adalah aer.
Mungkin sedikit ngaco dengan judul yang saya tulis tapi,,,entah kenapa saya merasa kurang cocok dengan judul awalnya(aquarium.red). alkisah dimulai dari ketidak sengajaan memindah-mindahkan chanel saat menonton televisi…kemudian sampailah pada chanel yang menampilkan acara menggambar untuk anak-anak, merasa sedikit tertarik remot pun saya taruh kembali,,,
Ternyata acara tersebut sedang menampilkan cara bagaimana membuat aquarium dari kardus bekas. Nah lho bingung ya bayanginnya?????
Tada…begini nich bentuk aquariumnya
 
Ikan-ikannya juga buatan lho jadi nggak usah panik membayangkan bagaimana si ikan hidup dalam kardus yang notabene tidak tahan air hehehe
Seperti yang kalian lihat tidak ada airnya sedikit pun apakah ini bisa di sebut aquarium????bukankah aqua itu air….sedangkan air berarti udara. Apakah ini airrium????hehehe ngawur. Ya udahlah ya nggak usah diperdebatkan lagi.
Yang ini hasil buatan saya sendiri prend….saya buat seperti rumah-rumahan.
Contoh ditelevisi yang asli hanya kardus bekas dilubangi sisi-sisi tegaknya dengan
bentuk yang berbeda-beda. Ada persegi panjang, segitiga, bentuk hati dan bentuk lingkaran. Kemudian menggambar ikan pada kardus yang lain lalu digunting. Jiplaklah ikan yang telah digunting tersebut pada kardus dan gunting. Hal ini untuk membuat 1 ikan dengan 2 buah sisi yang berlawanan seperti dua buah sisi pada uang koin. Setelah itu warnai. Buatlah hewan air lainnya dengan cara yang sama. Bisa kepiting, kuda laut, bintang laut, ikan dengan jenis yang berbeda dan masih banyak lagi.
Senar bekas raket yang sudah tidak terpakai masukkan melalui bawah kardus tembus hingga ke atas kardus, ikat dengan kencang. Tempelkan ikan dan hewan-hewan pada senar tersebut berpasangan, sehingga bisa dilihat dari sisi yang berbeda.
Gambar dan warnai dengan cat warna auarium tersebut agar terlihat lebih indah.
Tiup badan ikannya maka si ikan yang lucu tersebut akan berputar-putar.

Dengan melihat acara tersebut timbullah keinginan untuk membuatnya namun dengan sedikit modifikasi tentunya,,,hasilnya seperti yang sudah terlihat diatas.
Lebih rumit memang namun begitulah hasil imajinasi saya. 
Cara membuatnya:
-lubangi kardus pada keempat sisinya bentuk persegi panjang dengan jarak 2 cm dari tepi.
-gambarlah bermacam-macam ikan, kepiting, kuda laut, karang, serta rumput laut pada kertas putih, jiplaklah pada kertas dibaliknya. Fotocopy kedua gambar tersebut. Warnai sesuka hati dan guntinglah
-jiplak gambar tersebut pada kardus dan gunting.
-tempelkan gambar pada kardus yang telah dipotong.
- pada bagian bawah kardus yang telah dilubangi keempat sisinya dilumuri dengan lem kayu hingga merata taburi pasir di atasnya tunggu sampai kering.
-buatlah beberapa lubang kecil dengan jarum pada bagian atas dan bawah kardus.
-masukkan benang nilon pada lubang tersebut dari bawah ke atas ke lubang sampingnya ke bawah lagi hingga ujung-ujung benang nilon bertemu. Lalu ikat kuat.
- tempelkan ikan dan hewan lainnya dengan mengkreasikan penataan letak. Agar terlihat lebih bagus tambahkan kerang, karang dan batu-batuan aquarium.
-tempelkan dengan lem kayu agar tidak berpindah posisi saat dibawa.
 - buatlah pada kardus yang sama seperti langkah pertama dan potong dari sisi atasnya sekitar 5-7 cm untuk kaki aquarium. Jika dilihat dari depan seperti huruf  n.
-tempelkan pada aquarium.
-buatlah dengan kardus yang lebih besar dari kaki hingga bagian penopang atap. Pada bagian yang berlubang juga harus diberi lubang. Untuk bagian depan, belakang, samping kanan dan samping kiri. Lapisi dengan kertas bekas berwarna putih ataupun warna lainnya.
-buatlah atap aquarium tersebut berbentuk persegi panjang yang ditekuk tengahnya. Tempelkan kertas berwarna merah.
-tempelkan sampul mika bening pada bagian aquarium yang berlubang sehingga tampak seperti ada kacanya.
-tutup dengan kardus yang sudah dilapisi kertas putih.
-pasanglah atap aquarium tersebut.


tampak depan
-jadilah aquarium .
tampak dari belakang






tampak dari samping

dari depan zoom

ini hasil karya anak-anak dan saya dilihat dari dekat


buatan saya dan anak-anak kelas 6,, hadiah untuk wali kelas 6-b bu. Mujiyem, S. Pd. SD.




No comments:

Post a Comment